Antisipasi Kriminalitas di Grobogan, Anjing Pelacak Dikerahkan selama Lebaran 2023

GROBOGAN, Lingkarjateng.id – Polres Grobogan mengerahkan anjing pelacak (K9) dari Satuan Samapta untuk pengamanan arus mudik lebaran 2023. Ada dua ekor anjing pelacak yang dilibatkan dalam pengamanan itu, bertugas untuk mengantisipasi tindak kriminalitas selama Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Dua anjing beserta dua pawangnya ini akan turut menjaga keamanan selama Operasi Ketupat Candi 2023, yang berjalan sejak 18 April hingga 1 Mei 2023,” ujar Kapolres Grobogan, AKBP Dedy Anung Kurniawan, pada Jumat, 21 April 2023.

AKBP Dedy menjelaskan bahwa kedua anjing pelacak itu akan beroperasi secara mobile di wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

“Apabila dibutuhkan sewaktu-waktu, personel dan anjing pelacak kami akan langsung didatangkan. Agar mudik lebaran tahun ini berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

Ia memastikan bahwa kedua anjing pelacak yang dikerahkan itu mempunyai kemampuan pelacakan, penyerangan dan penjagaan.

“Kami pastikan kedua anjing yang akan diterjunkan dalam Pam lebaran itu, sudah disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” jelas AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Adapaun jumlah personel yang dikerahkan untuk pengamanan mudik lebaran tahun ini sebanyak 318 personel Polres Grobogan yang ditambah dengan petugas gabungan, terdiri dari unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan.

Para personel itu, selain mengamankan arus lalu lintas, juga terdapat personel khusus untuk patroli antisipasi tindak kriminalitas, seperti pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Personel ini akan berpatroli di titik-titik rawan kejahatan. Khususnya di rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik oleh penghuninya,” pungkasnya. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Similar Posts