Gudang Jagung di Grobogan Kebakaran, Belasan Ton Ludes

GROBOGAN, Lingkarjateng.id – Insiden kebakaran gudang jagung milik Suparmin (55) di Dusun Penganten RT03/RW04 Desa Penganten, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, mengakibatkan belasan ton jagung miliknya hangus terbakar pada Jumat, 5 Juli 2024.

Kepala Satpol PP Grobogan Nurnawanta menuturkan berdasarkan keterangan para saksi kebakaran yang terjadi di gudang jagung itu bermula sekitar pukul 03.00 WIB. Insiden tersebut pertama kali diketahui oleh tetangga korban bernama Sukirman yang terbangun karena mencium bau asap pembakaran di belakang rumahnya.

Curiga adanya hal yang aneh, tetangga korban itu sontak langsung keluar rumah guna memastikan kondisi yang dicurigai sebagai bau kebakaran. “Setelah keluar rumah, Sukirman kaget melihat asap tebal di bagian gudang jagung milik Suparmin telah membumbung tinggi,” ujarnya.

Selanjutnya, melihat insiden itu Sukirman lalu berteriak kepada pemilik rumah yang masih tertidur. “Tak menunggu lama, Sukirman menghubungi Polsek Klambu guna melaporkan adanya insiden kebarakan. Dari laporan Sukirman, baru diteruskan ke Pos Damkar Godong,” jelas Nur Nawanta.

Sementara itu, Kapolsek Klambu AKP Arif Fachrudin membenarkan insiden tersebut dilaporkan oleh Sukirman yang terbangun setelah mencium bau kebakaran dari gudang milik Suparmin. “Karena jarak gudang dari rumah korban hanya berjarak 20 meter, Sukirman membangunkan korban yang masih tertidur di rumah,” katanya.

Setelah korban terbangun, sambung AKP Arif Fachrudin, Sukarmin menghubungi Polsek Klambu guna melaporkan insiden itu kepada Pemadam kebakaran. “Sementara, korban bersama satu temannya berlari ke gudang guna memadamkan api menggunakan alat seadanya,” jelasnya.

Lebih lanjut, AKP Arif Fachrudin mengatakan bahwa insiden itu tidak ada korban jiwa. Namun, kebakaran itu menghanguskan belasan ton jagung yang ada di dalamnya. “Kurang lebih ada 15 ton jagung. Bila dinominalkan kurang lebih sekitar Rp 60 juta kerugian yang dialami korban,” ujarnya.

Sementara, sambung Kapolsek Klambu, dari pemeriksaan yang telah dilakukan, api tersebut berasal dari sisa kotoran jagung yang menumpuk di sebelah mesin oven.

“Diduga lupa mematikannya sehingga api menjalar dan membakar jagung yang berada di dalam gudang milik korban. Selain itu, barang-barang yang diduga menjadi penyebab kebakaran juga telah diamankan,” tandasnya. (Lingkar Network | Eko Wicaksono – Lingkarjateng.id)

Similar Posts